Cara Membuat Mug di BLENDER

 Halo, kali ini saya akan menunjukan tahap-tahap untuk membuat mug di Blender.

Perhatikan tahap-tahap dibawah ini!

1. Buka aplikasi Blender.

2. Pada tampilan awal Blender 3D dibuka Klik sembarang untuk memulai kerja.

3. Hapus semua objek yg ada pada project yg dibuat dgn klik objek tersebut lalu tekan X > Delete.

4. Tekan Shift+A > mesh > silinder untuk menambah objek silinder.

5. Ubah Vertices dengan memasukan nilai 17. Vertices tepatnya berada pada 3D Tool Shelf disebelah kiri. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar berikut.


6. Masuk ke Edit Mode dengan cara Tekan Tabs pada keyboard > Tekan A pada Keyboard > Klik Face Select 

7. Hapus face bagian atas Cylinder agar berlubang dengan cara Klik kanan pada bagian atas Cylinder > Tekan X pada Keyboard > Faces. Contoh pada gambar berikut.


8. Mulai bekerja pada posisi Front Ortho. Dengan cara Tekan 1 lalu Tekan 5 pada Keyboard. Kemudian Letakan (tunjukan) Kursor pada Object Cylinder > Tekan Ctrl+R (maka pada object Cylinder akan terlihat garis ungu) > Tekan 7 Pada Keyboard > Tekan Enter dua kali.

9. Klik Face Select kemudian pilih bagian permukaan yang akan dibuat pegangan gelas. Dengan cara Tekan Shift > Klik kanan bagian permukaan yang akan dibuat pegangan. Contoh pada gambar berikut.


10. Tampilkan pada posisi Left Ortho dengan cara Tekan Ctrl+3. Kemudian Extrude dengan cara Tekan E > Geser mouse kearah kanan > Enter

11. Select pada bagian permukaan pegangan gelas paling ujung yang atas dan Tekan R X 45. Pada bagian permukann pegangan gelas yang bawah Tekan R X -45. Contoh pada gambar berikut 


12. Setelah itu kita hapus permukaan pada ujung pegangan gelas. Tekan Shift > Klik Kanan Kedua permukaan ujung pegangan gelas > Tekan X > Faces. Dengan demikian permukaan ujung pegangan gelas akan berlubang. Contoh pada gambar berikut 


13. Kemudian kita sambungkan bagian-bagian samping pegangan ujung gelas dengan cara Tekan Edge Select. Tekan Shift > Klik kanan Edge yang akan disambungkan > Tekan F pada Keyboard. Maka hasil nya seperti ini



14. Beri ketebalan pada Object Gelas tersebut dengan cara Klik Object Modifier “Icon dilambangkan dengan gambar Kunci Inggris” pada Properties Window > Pilih Solidify > Klik Add Modifier > Berikan nilai 0.2000 pada Thickness Of The Shell > lalu Enter.

15. Kembali ke Object Mode dengan cara tekan Tabs pada Keyboard . Kemudian Klik Smooth pada 3D Tool Shelf tepatnya disebelah kiri pada tampilan.


16. Klik Add Modifier pada Properties Window > Pilih Subdivision Surface > Ubah nilai View menjadi 4 dan Render menjadi 3. 

17. Beri warna pada Object Gelas tersebut. Dengan cara klik Materials pada Properties Window “Catatan: Materials sejajar dengan Gambar Kunci Inggris yang sudah dijelaskan dipoin 14” > pilih News > Klik Diffuse > Seleksi Warna sesuai Kebutuhan.

18.Selesai

Terimakasih sudah menyimak, mohom maaf jika tahapan ini tidak lengkap








Komentar

Postingan Populer